Senin, 16 Januari 2012

Pandangan Esensialisme Terhadap Pendidikan


Pandangan Essensialisme Terhadap Pendidikan
Kelompok esensialisme memandang bahwa pendidikan yang didasari pada nilai-nilai yang fleksibel dapat menjadikan pemndidikan ambivalen dan tidak memiliki arah dan orientasi yang jelas. Oleh karena itu, agar pendidikan memiliki tujuan yang jelas dan kukuh diperlukan nilai-nilai yang mempunyai tat yang jelas dan telah teruji oleh waktu.
Konsep-konsep pendidikan essensialisme adalah
a. Gerakan Back To Basics
Gerakan Back To Basics adalah dorongan skala besar yang mutakhir untuk menerapkan program-program esensialis disekolah-sekolah. Yang terpenting lainnya  yang dikemukakan kaum esensialis, bahwa sekolah-sekolah harus melatih/mendidik siswa untuk berkomunikasi  dengan jelas dan logis. Keterampilan-keterampilan inti dalam kurikulum haruslah berupa membaca, menulis, berbicara, dan berhitung, serta sekolah memiliki tanggung jawab untuk memperhatikan apakah smua siswa menguasai keterampilan-keterampilan tersebut.
Ahli pendidikan esensialis tidak memandang anak sebagai orang yang jahat, dan tidak pula memandang anak sebagai orang yang secara alamiah baik. Anak-anak tersebut tidak akan menjadi anggota masyarakat yang berguna, kecuali

Tidak ada komentar: